Senin, 15 Juli 2019

Game Tower Defense


Pengantar Teknologi Game

Tugas kali ini kami yang beranggotakan :
-M.Rifki Oskar
-Muhammad Jaelani Akbar
-Prima Gimat Dhiharto
-Randrian Anaufal
-Fascal Galih
-Muhammad Chaerul Hafiz

Membuat project game untuk tugas pada mata kuliah Pengantar Teknologi Game. Game yang kami buat yaitu bertema Defence Tower. Pada game ini menceritakan tentang kehidupan disebuah planet. Di planet tersebut sedang terjadi perebutan kekuasaan dan musuh memiliki rencana untuk menghancurkan sumber informasi dari sebuah kelompok yang memiliki tugas melindungi planet tersebut.


Dalam pembuatan game kami menggunakan software Unity,  software ini untuk  membuat  sebuah  Aplikasi game Desktop dalam bentuk game 3D berbasis desktop windows. Adapun tujuan yaitu agar pemain game akan lebih tepat dan cepat dalam mengambil keputusan. Karena game ini merupakan tipe yang mengharuskan kita untuk mengatur strategi yang tepat, seperti membuat pertahanan.Bisa dikatakan rata-rata game berjenis tower defense adalah game yang terbilang santai, namun cukup menguras pikiran. Itu semua karena kita diharuskan untuk pintar-pintar mengatur sebuah strategi. Meskipun demikian game ini sangat seru untuk dimainkan.



Dibawah ini makalah yang kami buat pada tugas ini 



Dokumentasi saat kami memainkan game buatan kami.

muhammad rifki oskar kalah saat bermain
prima gimat dalam menu game



 

Jumat, 15 Maret 2019

Teknologi Game

Hallo semua, kali ini saya akan membahas teknologi dalam game dan yang pertama kita akan membahas perkembangan teknologi pada game.


Perkembangan Teknologi Pada Game

Sejak dulu dunia game merupakan salah satu yang paling diminati. Terutama untuk kaum pria dari berbagai kalangan umur. Game atau permainan yang dimainkan pun beragam jenis seperti game portable, game PC ataupun game mobile. Semakin berjalan waktu, teknologi dan perkembangan game semakin erat bergantung. Teknologi yang digunakan dalam game dapat kita lihat dari logic game, design game, ataupun audio dari game tersebut. Perkembangan industri game di Indonesia dimulai pada masa sekitar 15 tahun lalu. Waktu itu sudah mulai dengan munculnya game console seperti Nintendo dan Playstation, Zaman itu pelaku industri game di Indonesia kebanyakan hanya sebagai distributor.

Setelah era game console, masuklah era game online, sekitar tahun 2000an. Di sini juga mulai bermunculan namanya publisher, yakni perusahaan atau individu yang memiliki hak ekslusif untuk menerbitkan atau memasarkan setiap judul game Salah satu game online yang cukup menyita perhatian pecinta game adalah Ragnarok Online. Developer alias pembuat game ini adalah Gravity Corporation, perusahaan game yang bermarkas di Korea Selatan, tetapi publishernya adalah PT Lyto Datarindo Fortuna (Indonesia).

Jika kita lihat, teknologi dalam perkembangan game sampai generasi sekarang semakin berkembang, banyak muncul game dengan kualitas tinggi. Dalam pembuatan game dibutuhkan programmer, designer, music composer, dll. Progammer sendiri bertugas untuk membuat logic dalam game, aspek grafis, kecerdasan buatan dalam game, membuat efek-efek seperti tumbukan, juga membuat game tools. Sedangkan designer bertugas untuk membuat konsep art dari game, membuat 2D dan 3D model, serta animasi / karakter dari game. Progammer bekerja dengan banyak penalaran (left brain) dan designer dengan feeling (right brain). Sedangkan untuk music composer bertugas untuk mengatur berbagai hal berkaitan dengan suara dalam game.

Beberapa teknologi pendukung pembuatan game yaitu game engine. Dimana untuk menjalankannya diperlukan sebuah entry point. Seperti pada C, entry point berupa fungsi main (). Biasanya program utama ini relatif pendek, jadi game engine merupakan mesin penggerak jalannya suatu program game. Ada banyak game engine yang dirancang untuk bekerja pada console ataupun operasi desktop seperti Windows. Dalam game engine terdapat fungsi-fungsi yaitu Rendering Engine, Physical Engine, Sound Script, Animation, Artificial Intelligence, Network, Streaming, Memory Management, dan Scene Graph. Elemen pada Game Engine seperti:

  • Tools untuk penulisan data seperti 3D model editor, level editor ataupun graphic design.
  • System untuk melakukan komunikasi dengan hardware dari game tersebut. Dalam system dilakukan inisialisasi, update, dan pengnonaktifkan sub system. 
  • Console mempermudah untuk mengubah setting game atau setting game engine tanpa perlu melakukan restart pada game.
  • Support yang berisi berbagai rumus matematika seperti vector, matrix, memory manager, yang merupakan dasar dari game engine.
  • Game Interface merupakan perantara antara game engine dan game itu sendiri, sehingga memudahkan jika ingin dilakukan perubahan.
  • Engine core yang berisi Visibility, Collision Detection dan Response, Camera, Static Geometry, Dynamic Geometry, Particle Systems, Billboarding, Meshes, Skybox, Lighting, Fogging, Vertex Shading, dan

Selain itu pendukung lainnya adalah game development tools yang merupakan software untuk membantu dan memfasilitasi pembuatan video game. Dengan ini, dapat membantu konversi pembuatan game seperti 3D model yang diperlukan untuk video game. Beberapa contoh game development tools yaitu RAD Game Tools, Java Game Development Tools, dan Garage. Ada juga Graphic Design Accelerometer yang berfungsi untuk mengukur ketepatan akselerasi grafis dalam game. Tentu mungkin masih banyak teknologi lain yang digunakan dalam pembuatan game. Dengan teknologi yang canggih tersebut terbentuk game yang baik pula, karena itu sebagai pengguna kita harus selalu dapat bertindak bijak dalam menggunakan game.


Berikut beberapa game yang masih ada sampai sekarang :

  1. Real time Strategi
  2. First Person Shooter
  3. Role Playing Game
  4. Life Simulation Game
  5. Vehicle Simulation
  6. Action
  7. Adventure
  8. Game Aksi Pertualangan


itulah jenis jenis game yang ada dari dulu hingga kini, mungkin ada penambahan jenis game seperti battle royale dan moba


sumber penulisan :

http://betanokaz.blogspot.co.id/2015/04/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game.html
http://scdc.binus.ac.id/himti/2017/04/29/perkembangan-teknologi-dalam-bidang-game/
https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/komputer-teknologi/teknologi-game

Kamis, 10 Januari 2019

Membuat Character

Pada tugas kali ini saya akan membuat contoh character ulat bulu pada aplikasi blender 3D

1. proses editing 

2. proses rendering
3. hasil rendering karakter ulat

Jumat, 07 Desember 2018

Logo



Berikut penjelasan dari logo saya :
Warna merah : melambangkan keberanian

Laba-Laba : Melambangkan sikap yang sabar, pernahkan anda merusak rumah(jaring) laba-laba,cobalah merusaknya sebanyak mungkin, maka sebanyak itu pula ia akan dengan sabar merajutnya kembali sesempernu sedia kala

Jadi logo ini menjelaskan : kita harus berani menghadapi rintangan/tantangan dalam hidup meski banyak orang menjatuhkan.


Kamis, 25 Oktober 2018

Implementasi Desain Permodelan Grafik

Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra.

Industri kreatif dalam bidang desain grafis. Industri ini bergerak di bidang Industri desain. Industri desain merupakan sebuah kreativitas yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang terkait dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan. Design grafis merupakan salah satu industri kreatif yang memiliki peluang besar dalam dunia usaha. Di Indonesia, industri desain grafis terbilang masih sedikit. Padahal, kalau di lihat dari peluang usaha yang di miliki dari industri desain grafis ini cukup besar. Seorang Grafis Desainer adalah orang yang bekerja pada bidang desain grafis. Desain grafis sendiri merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Umumnya desain grafis dilakukan menggunakan perangkat komputer dan aplikasi-aplikasi untuk mendesain. Hanya dengan bermodalkan ide, kreativitas, dan imajinasi seseorang sudah dapat membuat sebuah desain. Industri desain grafis ini biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan logo, desain poster, desain spanduk, dan semacamnya.
Pengembangan lainnya dari industri desain grafis yakni usaha percetakan. Prospek dari usaha ini pun cukup menjanjikan. Melihat banyaknya masyarakat yang membutuhkan jasa percetakan maka usaha ini dirasakan sangat menguntung di era globalisasi saat ini. Fungsi dari percetakan ini sendiri yaitu mereka menyediakan jasa berupa percetakan spanduk, brosur, undangan, poster dan lain-lain. Sekarang kita lihat bagaiman para aktor desain grafis bekerja pada usaha ini. Para grafis desainer dituntut untuk merancang konsep dari produk yang diinginkan oleh konsumen.

Bentuk Implementasi Pada Desain Grafik Sendiri Seperti :
– Peta digital
– Kesehatan
– Perancangan objek
– System multimedia
– Presentasi grafik
– Presentasi saintifik
– Pemrosesan citra, dan
– Simulasi

REFERENSI :
http://rhafiihza.blogspot.com/2018/10/implementasi-desain-permodelan-grafik.html

Jumat, 29 Juni 2018

Proses Analisis Web dan Parameter Pengukurannya



Salah satu fitur yang ditawarkan internet adalah sebuah web, yang merupakan salah satu fitur dari internet yang paling sering kita kunjungi. Setelah menjadi pengamat dan pengunjung banyak web, sudah seharusnya kita mengenal dan dapat membedakan mana web-web yang berkualitas dan tidak sehingga kita dapat memanfaatkan informasi yang kita dapatkan dari web-web tersebut dengan baik. Kita dapat mengukur kualitas suatu web dengan analisis web. Analisis Web adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data internet untuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan web. 

Untuk mengevaluasi sebuah website kita bisa menggunakan sebuah parameter sebagai acuan, ada banyak sekali parameter yang dapat digunakan untuk mengevaluasi sebuah website. Namun secara umum ada beberapa parameter yang paling sering digunakan dalam menilai sebuah website seperti :


- Accesibility 


Yaitu bagian yang menjelaskan seberapa baik sebuah website dalam aspek aksesnya. Seperti apakah website tersebut sudah dapat diakses menggunakan teknologi-teknologi terbaru yang ada saat ini seperti melalui ponsel atau PDA


- Readibility 

Yaitu bagian yang menjelaskan tentang “Apakah situs tersebut nyaman untuk dibaca ?” dan “Apakah pengakses bisa mudah membaca dan mengerti isi situs tersebut?”.


- Speed 

Yaitu bagian yang menjelaskan tentang kecepatan tampilnya sebuah situs. Pengakses cenderung malas dan langsung menutup browser pada saat mereka membuka sebuah situs yang lambat diakses, sehingga mereka harus menunggu beberapa lama untuk melihat tampilan situs tersebut. Pengakses cenderung tidak mau menunggu terlalu lama untuk melihat sebuah situs. Semakin cepat situs itu dalam melakukan loading time pastinya akan semakin baik.


- Content 


Yaitu bagian yang menjelaskan tentang isi dari website tersebut. Karena itu konten adalah bagian yang paling penting dari sebuah penilaian. Karena itu konten haruslah menarik, relevan, dan sesuai untuk target audien situs yang dituju.


- Technology 

Maksud dari technology disini yaitu menjelaskan tentang aplikasi atau teknologi apa saja yang digunakan dalam pengembangan website tersebut. Seperti teknologi yang yang digunakan dalam segi mendesain website tersebut. Dan seberapa baik desain itu dibangun.


Setelah mengetahui parameter – parameter umum dalam menilai sebuah website, kita dapat melakukan analisa terhadap suatu website. Sebelum itu kita harus mengetahui tipe analisis web.

DAMPAK EKONOMI DARI PENGARUH WEB

1.Iklan



Iklan adalah suatu pesan yang menawarkan barang atau jasa suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui media (Rhenald Kasali, 1992). Atau promosi benda, jasa, tempat, atau ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor.

Beberapa dampak dalam bidang ekonomi dari periklanan antara lain :

# Dampak terhadap produk

Kepercayaan terhadap produk meningkat dan memperkuat daya beli konsumen sehingga pabriknya harus memproduksi lebih banyak lagi untuk memenuhi selera konsumen. 


# Dampak terhadap Media 

Media akan mendapat keuntungan , karena pengiklan (melalui biro iklan) memesan ruang dan waktu yang dimiliki oleh media untuk digunakan bagi penyebaran pesan tentang produknya. 


# Dampak terhadap Perusahaan 

Dengan periklanan maka banyak orang mengenal nama pabrik, bagaimana cara bekerjanya, kemajuanmanagemennya, siapa sebenarnya menjadi otak dibalik kesuksesan, perkembangan perburuhan, teknologi yang digunakan. 


# Dampak terhadap para pesaing 

Dengan adanya iklan suatu perusahaan akan mengakibatkan pabrik lain akan berusaha memproduksi barang yang sejenis ataupun substitusi lainnya. 


# Dampak terhadap Konsumen

Konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak dan bervariasi terhadap produk yang sama maupun substitusi 


# Dampak terhadap Bisnis dalam Masyarakat 


Iklan mengakibatkan terbentuknya suatu jaringan bisnis apakah itu jaringan bisnis baru maupun memperluas jaringan bisnis yang lama. Semuanya berdampak pada pemerataan pendapatan. 

# Dampak kepentingan Produksi Massal 


# Dampak Terhadap Nilai suatu Produk 


Periklanan mempunyai dampak terhadap nilai suatu produk karena : 

1. Periklanan dapat memperlihatkan penggunaan suatu produk tertentu.


2. Periklanan dapat menambah nilai yang lebih positip .

3. Menambah nilai ekonomi untuk barang maupun jasa tertentu dalam pandangan konsumen

# Dampak pada Harga 

Menambah nilai suatu produk maka dampak berikutnya adalah penambahan biaya iklan untuk produk itu pada media. 



2. Penjualan Online 



Penjualan online adalah aktifitas jual beli produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet. 

Pengaruhnya: 

- Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online sehingga tidak ada hambatan sekalipun jarak itu antar negara. 

- Seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online. 


- Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. 

3. LELANG ONLINE

Hasil gambar untuk Lelang online

Lelang online adalah harga yang ditawarkan. Dalam hal ini justru semakin naik, yang ditawarkan oleh calon-calon pembeli yang berminat terhadap barang tersebut. Lelang bisa digunakan sebagai sebuah bisnis.

keuntungan - keuntungan antara lain sebagai berikut : 

# Tidak Terbatas oleh Waktu


Dengan lelang online, Anda dapat melakukan penawaran kapanpun Anda mau, 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. 


# Tidak Terbatas oleh Tempat 

Anda tidak perlu melihat wajah saingan saingan yang ikut menawar item favorit Anda, karena bisa jadi Anda dan mereka berdiri pada benua yang berbeda, tentunya selama tempat tersebut terjangkau Internet. 


# Jumlah Penawar yang Besar 



Lelang online menyediakan ruang yang cukup sekalipun semua manusia di dunia berpartisipasi. 

# Jumlah Penjual yang Besar 

Dengan adanya jumlah penawar yang besar, tentunya juga memicu penjual untuk memasang barangnya, tentunya ini harus didukung oleh kemudahan-kemudahan yang disediakan pada website yang bersangkutan. 


# Jaringan Ekonomi 


Hal ini akan menimbulkan siklus ekonomi permintaan dan persediaan, menjadikan sebuah sistem yang berguna bagi pesertanya. 


Ada dua dampak yang ditimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif.

Dampak Positif: 

* Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan
* Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu 
* Mudah mencari informasi serta berbelanja / bertransaksi online pun dapat dilakukan. 

Dampak Negatif :

* Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet 
* Adanya plagiatisme
* Munculnya pencurian/hack
* Munculnya banyak konten – konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil, karena dapat merusak mental
* Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri

REFERENSI :





Kamis, 31 Mei 2018

Struktur Website

Pembuatan struktur website yang baik menurut saya akan mengandung konten-konten seperti berikut ini
 

1. Front page (Home,Halaman utama dari website)
2. Blogs (News,Posting,Update)
3. Pages (Isi website,Halaman yang berisi tentang informasi dari web tersebut)
4. Hidden pages (Halaman tersmbunyi yang akan ditampiilkan pada waktu tertentu atau kepada orang-orang tertentu)
5. Contact us (Berisi informasi bisa berupa nama,alamat,nomor telepon,e-mail dll)


Contoh struktur website Belajarkoding.net :

 

A. Berdasarkan Struktur Website :

          · Beranda Web

          · Kategori

          · Sub kategori

          · Internal link

B. Corner stone dari web tersebut merupakan informasi tentang koding , baik desktop, mobile   maupun untuk web application

C. Mudahnya pencarian web tersebut hanya untuk beberapa key word saja.



Sumber :
http://fattulloh.blogspot.com
http://rhafiihza.blogspot.com 
http://seokita.id/how-to/struktur-website-yang-baik/
http://www.nyekrip.com/cara-membuat-struktur-website-yang-seo/