PENGANTAR
BISNIS INFORMATIKA
Disusun
Oleh:
Nama : M. RIFKI OSKAR
Npm : 54416198
Kelas : 4IA12
Tugas : Pertama
Dosen : Dr. Siti Saidah, SKOM., MMSI.
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2019
DEFINISI
UMUM DARI :
·
BISNIS
Merupakan
suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan
aktivitas produksi, penjualan, pembelian, dan pertukaran barang/jasa dengan
tujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Kata
“BISNIS” sendiri berasal dari Bahasa inggris, yaitu “Business”, dari kata dasar
busy yang berarti sibuk dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.
Dalam artian, sibuk mengerjakan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan
keuntungan pada seseorang.
Secara
etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk
melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “BISNIS” sendiri dapat dibedakan menjadi tiga yang
merujuk pada :
1. Badan
usaha, yaitu kesatuan yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan.
2. Sektor
Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
3. Seluruh
aktivitas pada komunitas produsen barang dan jasa
Bisnis
menurut parah ahli :
I.
Hughes dan Kapoor
Bisnis merupakan kegiatan
individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa
untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
II.
Brown dan Pretello
Bisnis merupakan Lembaga yang
menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal
yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta yang tidak
peduli mengejar laba ataupun tidak.
III.
Jeff Madura
Bisnis adalah perusahaan yang
menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan
IV.
L. R. Dicksee
Bisnis adalah bentuk
aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang
mengusahakan atau yang berkepentingan dengan aktivitas tersebut.
·
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Teknologi
Informasi dan Komunikasi ( TIK ) merupakan paying besar terminologi yang
mencakup seluruh peralatan teknis untuk memperoses dan menyampaikan informasi.
Secara terperinci, maka teknologi informasi dan komunikasi dibagi menjadi dua,
yaitu :
o
Teknologi informasi adalah serangkaian tahapan
penanganan informasi, yang meliputi pencipataan sumber informasi, pemeliharaan
saluran informasi, seleksi dan transmisi informasi, penerimaan informasi secara
selektif, penyimpanan & penelusuran informasi, dan penggunaan informasi.
o
Teknologi Komunikasi adalah segala sesuatu
yang berhubungan erat dengan cara menggunakan alat bantu guna melakukan
prosedur transfer file atau data dari satu perangkat ke perangkat lain.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi menurut para ahli :
I.
Susanto
TIK merupakan sarana atau
media yang dipakai untuk kebutuhan transfer file, baik berupa informasi maupun
data. Selain itu dapat menjadi alat komunikasi secara searah atau dua arah.
II.
William and Sawyer
Teknologi komunikasi
merupakan sebuah struktur dari teknologi, yang memadukan perangkat keras
seperti komputer dengan jaringan komunikasi berkekuatan tinggi untuk membawa
file, data, video maupun suara dengan menggunakan jaringan internet.
· BISNIS
INFORMATIKA
Bisnis
Informatika adalah bisnis yang menggabungkan berbagai aspek manajemen bisnis,
teknologi informasi, dan informatika. Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan
ilmu komputer dan administrasi bisnis ke dalam satu bidang.
Bisnis
Informatika tidak hanya untuk memahami dan menjelaskan masalah terkait
informatika tetapi juga dapat pengembangan terhadapa ilmu kepemimpinan dan
pemikiran strategis yang merupakan hal penting dalam melakukan suatu bisnis.
·
PENGAMATAN BISNIS DI BIDANG INFORMATIKA
PERUSAHAAN
TOKOPEDIA
Teknik
Penjualan
Dalam
memajukan pertumbuhan toko-toko, tokopedia menerapkan system directory toko
yang diurutkan berdasarkan barang yang dijual. Selain itu tokopedia juga
menerapkan featured shop yang terdapat dihalaman depan dan directory. Search
Engine Optimization juga dikembangkan pada tokopedia sehingga halaman toko akan
sering muncul di hasil pencarian.
Penjual
barang bisa melakukan promosi terhadap barang yang di jual secara bergantian
untuk mendapatkan halaman pertama pada tokopedia. Dengan cara menekan tombol
Dink-it yang telah di sediakan oleh tokopedia. Barang yang telah di Dink-it
akan muncul dihalaman pertama tokopedia selama 1jam. Proses ini hanya bisa
digunakan untuk 1 barang dan apabila ingin melakukannya lagi maka harus
menunggu 2jam kemudian.
Apabila
toko mendapat bintang dengan jumlah yang besar maka toko bisa sebagai featured
shop. Toko yang masuk featured shop akan bisa mengikuti bazar-bazar yang
diselenggarakan oleh tokopedia. Toko yang diikutkan dalam bazar akan
ditampilkan pada halaman pertama tokopedia.
PERANCANGAN
DAN PEMELIHARAAN JARINGAN
Tokopedia
adalah bisnis e-commerce yang inovatif dan menggunakan konsep berbagai toko
online yang ada di Indonesia. Semua hal yang berkaitan dengan jual beli produk
dijamin keamanannya oleh tokopedia. Dengan adanya bisnis e-commerce ini
diharapkan dapat mewujudkan suatu bentuk seperti mall online
Bisnis
tokopedia yang dijalankan merupakan marketplace C2C (Customer to Customer).
Aktivitas C2C dapat dilakukan dengan berbagai cara yang ada diinternet. Model
bisnis ini tidak hanya membantu mempromosikan barang tetapi juga memfasilitasi
uang secara online.
Tokopedia
memanfaatkan forum-forum untuk menyebar pemasaran yang viral. Oleh karna itu
dalam waktu singkat tokopedia berkembang pesat, baik dalam jumlah anggota aktif
maupun dalam jumlah toko yang baru dibuat. Dalam waktu 6bulan tokopedia mampu
mendapatkan total transaksi sebesar RP. 1 Miliar. Dengan kesuksesan ini sebuah
Venture Capital asal singapura yang bernama East Venture menawarkan investasi
baru pada tokopedia.
Kelebihan
:
Proses
transaksi lebih aman karna setiap proses mengharuskan penjual dan pembeli untuk
melakukan konfirmasi, mulai dari konfirmasi pembayaran, konfirmasi pengiriman,
hingga konfirmasi barang telah diterima. Selain itu tokopedia memudahkan
pembeli untuk mendapatkan barang yang diinginkan karna banyak sekali toko
online yang bekerja sama dengan tokopedia.
Kekurangan
:
Tokopedia
belum menerima barang yang harganya diatas 10jt.
· PERKEMBANGAN
BISNIS INFORMATIKA DI INDONESIA
Kemajuan
bisnis informatika di Indonesia ditunjang oleh pesatnya perkembangan teknologi
saat dan banyaknya penggunaan teknologi tersebut, serta tidak memerlukan modal
banyak untuk menjalankan bisnis e-commerce atau software house. Perkembangan
bisnis teknologi informatika meningkat pesat, hal ini dapat dilihat dari tahun
ke tahun. Bisnis informatika yang ada diindonesia adalah
gojek,tokopedia,traveloka dan masih banyak lagi. Melihat suksesnya bisnis
informatika yang ada di Indonesia membuktikan bahwa perkembangan bisnis
informatika sangat pesat.
· PERKEMBANGAN
BISNIS INFORMATIKA DI DUNIA
perkembangan
bisnis informatika di Dunia saat ini sudah sangat pesat sekali dan sangat
menggiurkan, bisnis ini berkembang setiap detiknya. Kemajuan dunia bisnis
dibidang informatika ini berkembang pesat karna adanya media informasi dan
perangkat teknologi yang semakin canggih. Salah satu media dalam bisnis
informatika ini adalah internet. Banyak perusahaan dunia yang memanfaatkan
internet sebagai ladang bisnis, seperti menjual jasa, menjual dan membeli
produk serta memasarkan produk. Perkembangan bisnis online shop seperti amazon,
ebay,dll merupakan contoh nyata perkembangan bisnis informatika. Dan ada 5
bisnis informatika dan komunikasi lainnya seperti :
1. Lisensi produk software ( Perusahaan Andal Software, Dycode, dan Oracle)
2. Iklan ( Detik.com, Google )
3. Software sebagai layanan ( Infisys pushmail, Salesforce.com )
4. Penjualan perangkat keras ( Zyrex, Axioo, Apple )
5. Penjualan jasa konsultasi, Integrasi, dan Training ( Inixindo, Sigma, dan Redhat)
1. Lisensi produk software ( Perusahaan Andal Software, Dycode, dan Oracle)
2. Iklan ( Detik.com, Google )
3. Software sebagai layanan ( Infisys pushmail, Salesforce.com )
4. Penjualan perangkat keras ( Zyrex, Axioo, Apple )
5. Penjualan jasa konsultasi, Integrasi, dan Training ( Inixindo, Sigma, dan Redhat)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar