Selasa, 22 Oktober 2019

Definisi Bisnis dalam bidang TIK


PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

Disusun Oleh:
Nama        : M. RIFKI OSKAR
Npm          : 54416198
Kelas         : 4IA12
Tugas        : Pertama
Dosen       : Dr. Siti Saidah, SKOM., MMSI.





UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2019

DEFINISI UMUM DARI :
·       BISNIS
Merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, dan pertukaran barang/jasa dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Kata “BISNIS” sendiri berasal dari Bahasa inggris, yaitu “Business”, dari kata dasar busy yang berarti sibuk dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “BISNIS”  sendiri dapat dibedakan menjadi tiga yang merujuk pada :
1.    Badan usaha, yaitu kesatuan yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan.
2.    Sektor Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
3.    Seluruh aktivitas pada komunitas produsen barang dan jasa

Bisnis menurut parah ahli :
                   I.        Hughes dan Kapoor
Bisnis merupakan kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

                  II.        Brown dan Pretello
Bisnis merupakan Lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta yang tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.

                III.        Jeff Madura
Bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan

                 IV.        L. R. Dicksee
Bisnis adalah bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dengan aktivitas tersebut.



·       TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) merupakan paying besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memperoses dan menyampaikan informasi. Secara terperinci, maka teknologi informasi dan komunikasi dibagi menjadi dua, yaitu :

o   Teknologi informasi adalah serangkaian tahapan penanganan informasi, yang meliputi pencipataan sumber informasi, pemeliharaan saluran informasi, seleksi dan transmisi informasi, penerimaan informasi secara selektif, penyimpanan & penelusuran informasi, dan penggunaan informasi.

o   Teknologi Komunikasi adalah segala sesuatu yang berhubungan erat dengan cara menggunakan alat bantu guna melakukan prosedur transfer file atau data dari satu perangkat ke perangkat lain.



Teknologi Informasi dan Komunikasi menurut para ahli :
                   I.        Susanto
TIK merupakan sarana atau media yang dipakai untuk kebutuhan transfer file, baik berupa informasi maupun data. Selain itu dapat menjadi alat komunikasi secara searah atau dua arah.

                  II.        William and Sawyer
Teknologi komunikasi merupakan sebuah struktur dari teknologi, yang memadukan perangkat keras seperti komputer dengan jaringan komunikasi berkekuatan tinggi untuk membawa file, data, video maupun suara dengan menggunakan jaringan internet.



·       BISNIS INFORMATIKA
Bisnis Informatika adalah bisnis yang menggabungkan berbagai aspek manajemen bisnis, teknologi informasi, dan informatika. Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan ilmu komputer dan administrasi bisnis ke dalam satu bidang.

Bisnis Informatika tidak hanya untuk memahami dan menjelaskan masalah terkait informatika tetapi juga dapat pengembangan terhadapa ilmu kepemimpinan dan pemikiran strategis yang merupakan hal penting dalam melakukan suatu bisnis.




·       PENGAMATAN BISNIS DI BIDANG INFORMATIKA
PERUSAHAAN TOKOPEDIA

Teknik Penjualan
Dalam memajukan pertumbuhan toko-toko, tokopedia menerapkan system directory toko yang diurutkan berdasarkan barang yang dijual. Selain itu tokopedia juga menerapkan featured shop yang terdapat dihalaman depan dan directory. Search Engine Optimization juga dikembangkan pada tokopedia sehingga halaman toko akan sering muncul di hasil pencarian.

Penjual barang bisa melakukan promosi terhadap barang yang di jual secara bergantian untuk mendapatkan halaman pertama pada tokopedia. Dengan cara menekan tombol Dink-it yang telah di sediakan oleh tokopedia. Barang yang telah di Dink-it akan muncul dihalaman pertama tokopedia selama 1jam. Proses ini hanya bisa digunakan untuk 1 barang dan apabila ingin melakukannya lagi maka harus menunggu 2jam kemudian.

Apabila toko mendapat bintang dengan jumlah yang besar maka toko bisa sebagai featured shop. Toko yang masuk featured shop akan bisa mengikuti bazar-bazar yang diselenggarakan oleh tokopedia. Toko yang diikutkan dalam bazar akan ditampilkan pada halaman pertama tokopedia.

PERANCANGAN DAN PEMELIHARAAN JARINGAN
Tokopedia adalah bisnis e-commerce yang inovatif dan menggunakan konsep berbagai toko online yang ada di Indonesia. Semua hal yang berkaitan dengan jual beli produk dijamin keamanannya oleh tokopedia. Dengan adanya bisnis e-commerce ini diharapkan dapat mewujudkan suatu bentuk seperti mall online

Bisnis tokopedia yang dijalankan merupakan marketplace C2C (Customer to Customer). Aktivitas C2C dapat dilakukan dengan berbagai cara yang ada diinternet. Model bisnis ini tidak hanya membantu mempromosikan barang tetapi juga memfasilitasi uang secara online.
Tokopedia memanfaatkan forum-forum untuk menyebar pemasaran yang viral. Oleh karna itu dalam waktu singkat tokopedia berkembang pesat, baik dalam jumlah anggota aktif maupun dalam jumlah toko yang baru dibuat. Dalam waktu 6bulan tokopedia mampu mendapatkan total transaksi sebesar RP. 1 Miliar. Dengan kesuksesan ini sebuah Venture Capital asal singapura yang bernama East Venture menawarkan investasi baru pada tokopedia.

Kelebihan :
Proses transaksi lebih aman karna setiap proses mengharuskan penjual dan pembeli untuk melakukan konfirmasi, mulai dari konfirmasi pembayaran, konfirmasi pengiriman, hingga konfirmasi barang telah diterima. Selain itu tokopedia memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang yang diinginkan karna banyak sekali toko online yang bekerja sama dengan tokopedia.

Kekurangan :
Tokopedia belum menerima barang yang harganya diatas 10jt.

·       PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA DI INDONESIA
Kemajuan bisnis informatika di Indonesia ditunjang oleh pesatnya perkembangan teknologi saat dan banyaknya penggunaan teknologi tersebut, serta tidak memerlukan modal banyak untuk menjalankan bisnis e-commerce atau software house. Perkembangan bisnis teknologi informatika meningkat pesat, hal ini dapat dilihat dari tahun ke tahun. Bisnis informatika yang ada diindonesia adalah gojek,tokopedia,traveloka dan masih banyak lagi. Melihat suksesnya bisnis informatika yang ada di Indonesia membuktikan bahwa perkembangan bisnis informatika sangat pesat.

·       PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA DI DUNIA
perkembangan bisnis informatika di Dunia saat ini sudah sangat pesat sekali dan sangat menggiurkan, bisnis ini berkembang setiap detiknya. Kemajuan dunia bisnis dibidang informatika ini berkembang pesat karna adanya media informasi dan perangkat teknologi yang semakin canggih. Salah satu media dalam bisnis informatika ini adalah internet. Banyak perusahaan dunia yang memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, seperti menjual jasa, menjual dan membeli produk serta memasarkan produk. Perkembangan bisnis online shop seperti amazon, ebay,dll merupakan contoh nyata perkembangan bisnis informatika. Dan ada 5 bisnis informatika dan komunikasi lainnya seperti :
1.    Lisensi produk software ( Perusahaan Andal Software, Dycode, dan Oracle)
2.    Iklan ( Detik.com, Google )
3.    Software sebagai layanan ( Infisys pushmail, Salesforce.com )
4.    Penjualan perangkat keras ( Zyrex, Axioo, Apple )
5.    Penjualan jasa konsultasi, Integrasi, dan Training ( Inixindo, Sigma, dan Redhat)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar