Selasa, 22 Oktober 2019

Ringkasan Penulisan Ilmiah

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

Disusun Oleh:
Nama        : M. RIFKI OSKAR
Npm          : 54416198
Kelas         : 4IA12
Tugas        : Pertama
Dosen       : Dr. Siti Saidah, SKOM., MMSI.





UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2019


RINGKASAN PENULISAN ILMIAH
Penulisan Ilmiah yang saya buat berjudul “PENGENALAN KEBUDAYAAN DAN WISATA KULINER PEKANBARU MENGGUNAKAN JAVA BERBASIS ANDROID” yang dibimbing oleh dosen Onggo Wiryawan MSi. Untuk menyelesaikan program yang saya buat pada penulisan ilmiah saya menggunakan software Android Studio dan Photoshop CS6 
Metode yang saya gunakan dalam menyelesaikan Penulisan Ilmiah ini adalah:
1.    Pengumpulan data
Pada saat pengumpulan data saya mencari referensi tentang pekanbaru yang terdapat pada buku budaya pekanbaru dan website-website yang membahas tentang pekanbaru untuk memperdetail data yang saya dapatkan yang berguna untuk kelancaran dalam pembuatan aplikasi yang saya buat.

2.    Perancangan
Dalam merancang aplikasi yang saya buat pada penulisan ilmiah saya menggunakan struktur navigasi dan usecase diagram.

3.    Implementasi
Saya mengimplementasikan program ini pada beberapa smartphone yaitu Samsung A8, Real 3 Pro, Xiaomi Redmi 5 untuk mengetahui apakah aplikasi berjalan dengan baik atau tidak.

Kelebihan Aplikasi adalah untuk memperkenalkan budaya dan wisata yang ada di Kota Pekanbaru dengan data yang sudah didapatkan dari berbagai referensi.
Dalam menyelesaikan Penulisan Ilmiah saya termasuk orang yang telat karna menyelesaikannya pada akhir semester 6. Penulisan ilmiah yang saya buat telat karna saya termasuk orang yang mungkin bisa dibilang malas dan pada saat program saya sudah di acc untuk sidang saya malah memilih untuk berlibur ketimbang mendaftarkan diri untuk sidang Penulisan Ilmiah.


Dalam menyelesaikan Penulisan Ilmiah saya termasuk orang yang telat karna menyelesaikannya pada akhir semester 6. Penulisan ilmiah yang saya buat telat karna saya termasuk orang yang mungkin bisa dibilang malas dan ditambah lagi waktu itu dosen pembimbing saya sedang sibuk jadi sangat susah ditemui untuk konsultasi program dan penulisan. Ketika penulisan saya sudah di acc untuk sidang saya malah memilih untuk berlibur ketimbang mendaftarkan diri untuk sidang Penulisan Ilmiah maka dari itu saya sangat telat sidang Penulisan Ilmiah.
Menurut saya pribadi program saya masih banyak kekurangannya seperti belum adanya google maps untuk menavigasi tempat wisata dan kuliner. Ketika saya dikasih tugas softskill tentang bisnis informatika mungkin saya akan mengembangkan aplikasi ini agar masuk syarat bisnis informatika.

Berikut gambaran aplikasi saya :
 

 




Definisi Bisnis dalam bidang TIK


PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

Disusun Oleh:
Nama        : M. RIFKI OSKAR
Npm          : 54416198
Kelas         : 4IA12
Tugas        : Pertama
Dosen       : Dr. Siti Saidah, SKOM., MMSI.





UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2019

DEFINISI UMUM DARI :
·       BISNIS
Merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, dan pertukaran barang/jasa dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Kata “BISNIS” sendiri berasal dari Bahasa inggris, yaitu “Business”, dari kata dasar busy yang berarti sibuk dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “BISNIS”  sendiri dapat dibedakan menjadi tiga yang merujuk pada :
1.    Badan usaha, yaitu kesatuan yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan.
2.    Sektor Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
3.    Seluruh aktivitas pada komunitas produsen barang dan jasa

Bisnis menurut parah ahli :
                   I.        Hughes dan Kapoor
Bisnis merupakan kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

                  II.        Brown dan Pretello
Bisnis merupakan Lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta yang tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.

                III.        Jeff Madura
Bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan

                 IV.        L. R. Dicksee
Bisnis adalah bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dengan aktivitas tersebut.



·       TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) merupakan paying besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memperoses dan menyampaikan informasi. Secara terperinci, maka teknologi informasi dan komunikasi dibagi menjadi dua, yaitu :

o   Teknologi informasi adalah serangkaian tahapan penanganan informasi, yang meliputi pencipataan sumber informasi, pemeliharaan saluran informasi, seleksi dan transmisi informasi, penerimaan informasi secara selektif, penyimpanan & penelusuran informasi, dan penggunaan informasi.

o   Teknologi Komunikasi adalah segala sesuatu yang berhubungan erat dengan cara menggunakan alat bantu guna melakukan prosedur transfer file atau data dari satu perangkat ke perangkat lain.



Teknologi Informasi dan Komunikasi menurut para ahli :
                   I.        Susanto
TIK merupakan sarana atau media yang dipakai untuk kebutuhan transfer file, baik berupa informasi maupun data. Selain itu dapat menjadi alat komunikasi secara searah atau dua arah.

                  II.        William and Sawyer
Teknologi komunikasi merupakan sebuah struktur dari teknologi, yang memadukan perangkat keras seperti komputer dengan jaringan komunikasi berkekuatan tinggi untuk membawa file, data, video maupun suara dengan menggunakan jaringan internet.



·       BISNIS INFORMATIKA
Bisnis Informatika adalah bisnis yang menggabungkan berbagai aspek manajemen bisnis, teknologi informasi, dan informatika. Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan ilmu komputer dan administrasi bisnis ke dalam satu bidang.

Bisnis Informatika tidak hanya untuk memahami dan menjelaskan masalah terkait informatika tetapi juga dapat pengembangan terhadapa ilmu kepemimpinan dan pemikiran strategis yang merupakan hal penting dalam melakukan suatu bisnis.




·       PENGAMATAN BISNIS DI BIDANG INFORMATIKA
PERUSAHAAN TOKOPEDIA

Teknik Penjualan
Dalam memajukan pertumbuhan toko-toko, tokopedia menerapkan system directory toko yang diurutkan berdasarkan barang yang dijual. Selain itu tokopedia juga menerapkan featured shop yang terdapat dihalaman depan dan directory. Search Engine Optimization juga dikembangkan pada tokopedia sehingga halaman toko akan sering muncul di hasil pencarian.

Penjual barang bisa melakukan promosi terhadap barang yang di jual secara bergantian untuk mendapatkan halaman pertama pada tokopedia. Dengan cara menekan tombol Dink-it yang telah di sediakan oleh tokopedia. Barang yang telah di Dink-it akan muncul dihalaman pertama tokopedia selama 1jam. Proses ini hanya bisa digunakan untuk 1 barang dan apabila ingin melakukannya lagi maka harus menunggu 2jam kemudian.

Apabila toko mendapat bintang dengan jumlah yang besar maka toko bisa sebagai featured shop. Toko yang masuk featured shop akan bisa mengikuti bazar-bazar yang diselenggarakan oleh tokopedia. Toko yang diikutkan dalam bazar akan ditampilkan pada halaman pertama tokopedia.

PERANCANGAN DAN PEMELIHARAAN JARINGAN
Tokopedia adalah bisnis e-commerce yang inovatif dan menggunakan konsep berbagai toko online yang ada di Indonesia. Semua hal yang berkaitan dengan jual beli produk dijamin keamanannya oleh tokopedia. Dengan adanya bisnis e-commerce ini diharapkan dapat mewujudkan suatu bentuk seperti mall online

Bisnis tokopedia yang dijalankan merupakan marketplace C2C (Customer to Customer). Aktivitas C2C dapat dilakukan dengan berbagai cara yang ada diinternet. Model bisnis ini tidak hanya membantu mempromosikan barang tetapi juga memfasilitasi uang secara online.
Tokopedia memanfaatkan forum-forum untuk menyebar pemasaran yang viral. Oleh karna itu dalam waktu singkat tokopedia berkembang pesat, baik dalam jumlah anggota aktif maupun dalam jumlah toko yang baru dibuat. Dalam waktu 6bulan tokopedia mampu mendapatkan total transaksi sebesar RP. 1 Miliar. Dengan kesuksesan ini sebuah Venture Capital asal singapura yang bernama East Venture menawarkan investasi baru pada tokopedia.

Kelebihan :
Proses transaksi lebih aman karna setiap proses mengharuskan penjual dan pembeli untuk melakukan konfirmasi, mulai dari konfirmasi pembayaran, konfirmasi pengiriman, hingga konfirmasi barang telah diterima. Selain itu tokopedia memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang yang diinginkan karna banyak sekali toko online yang bekerja sama dengan tokopedia.

Kekurangan :
Tokopedia belum menerima barang yang harganya diatas 10jt.

·       PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA DI INDONESIA
Kemajuan bisnis informatika di Indonesia ditunjang oleh pesatnya perkembangan teknologi saat dan banyaknya penggunaan teknologi tersebut, serta tidak memerlukan modal banyak untuk menjalankan bisnis e-commerce atau software house. Perkembangan bisnis teknologi informatika meningkat pesat, hal ini dapat dilihat dari tahun ke tahun. Bisnis informatika yang ada diindonesia adalah gojek,tokopedia,traveloka dan masih banyak lagi. Melihat suksesnya bisnis informatika yang ada di Indonesia membuktikan bahwa perkembangan bisnis informatika sangat pesat.

·       PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA DI DUNIA
perkembangan bisnis informatika di Dunia saat ini sudah sangat pesat sekali dan sangat menggiurkan, bisnis ini berkembang setiap detiknya. Kemajuan dunia bisnis dibidang informatika ini berkembang pesat karna adanya media informasi dan perangkat teknologi yang semakin canggih. Salah satu media dalam bisnis informatika ini adalah internet. Banyak perusahaan dunia yang memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, seperti menjual jasa, menjual dan membeli produk serta memasarkan produk. Perkembangan bisnis online shop seperti amazon, ebay,dll merupakan contoh nyata perkembangan bisnis informatika. Dan ada 5 bisnis informatika dan komunikasi lainnya seperti :
1.    Lisensi produk software ( Perusahaan Andal Software, Dycode, dan Oracle)
2.    Iklan ( Detik.com, Google )
3.    Software sebagai layanan ( Infisys pushmail, Salesforce.com )
4.    Penjualan perangkat keras ( Zyrex, Axioo, Apple )
5.    Penjualan jasa konsultasi, Integrasi, dan Training ( Inixindo, Sigma, dan Redhat)










Senin, 15 Juli 2019

Game Tower Defense


Pengantar Teknologi Game

Tugas kali ini kami yang beranggotakan :
-M.Rifki Oskar
-Muhammad Jaelani Akbar
-Prima Gimat Dhiharto
-Randrian Anaufal
-Fascal Galih
-Muhammad Chaerul Hafiz

Membuat project game untuk tugas pada mata kuliah Pengantar Teknologi Game. Game yang kami buat yaitu bertema Defence Tower. Pada game ini menceritakan tentang kehidupan disebuah planet. Di planet tersebut sedang terjadi perebutan kekuasaan dan musuh memiliki rencana untuk menghancurkan sumber informasi dari sebuah kelompok yang memiliki tugas melindungi planet tersebut.


Dalam pembuatan game kami menggunakan software Unity,  software ini untuk  membuat  sebuah  Aplikasi game Desktop dalam bentuk game 3D berbasis desktop windows. Adapun tujuan yaitu agar pemain game akan lebih tepat dan cepat dalam mengambil keputusan. Karena game ini merupakan tipe yang mengharuskan kita untuk mengatur strategi yang tepat, seperti membuat pertahanan.Bisa dikatakan rata-rata game berjenis tower defense adalah game yang terbilang santai, namun cukup menguras pikiran. Itu semua karena kita diharuskan untuk pintar-pintar mengatur sebuah strategi. Meskipun demikian game ini sangat seru untuk dimainkan.



Dibawah ini makalah yang kami buat pada tugas ini 



Dokumentasi saat kami memainkan game buatan kami.

muhammad rifki oskar kalah saat bermain
prima gimat dalam menu game



 

Jumat, 15 Maret 2019

Teknologi Game

Hallo semua, kali ini saya akan membahas teknologi dalam game dan yang pertama kita akan membahas perkembangan teknologi pada game.


Perkembangan Teknologi Pada Game

Sejak dulu dunia game merupakan salah satu yang paling diminati. Terutama untuk kaum pria dari berbagai kalangan umur. Game atau permainan yang dimainkan pun beragam jenis seperti game portable, game PC ataupun game mobile. Semakin berjalan waktu, teknologi dan perkembangan game semakin erat bergantung. Teknologi yang digunakan dalam game dapat kita lihat dari logic game, design game, ataupun audio dari game tersebut. Perkembangan industri game di Indonesia dimulai pada masa sekitar 15 tahun lalu. Waktu itu sudah mulai dengan munculnya game console seperti Nintendo dan Playstation, Zaman itu pelaku industri game di Indonesia kebanyakan hanya sebagai distributor.

Setelah era game console, masuklah era game online, sekitar tahun 2000an. Di sini juga mulai bermunculan namanya publisher, yakni perusahaan atau individu yang memiliki hak ekslusif untuk menerbitkan atau memasarkan setiap judul game Salah satu game online yang cukup menyita perhatian pecinta game adalah Ragnarok Online. Developer alias pembuat game ini adalah Gravity Corporation, perusahaan game yang bermarkas di Korea Selatan, tetapi publishernya adalah PT Lyto Datarindo Fortuna (Indonesia).

Jika kita lihat, teknologi dalam perkembangan game sampai generasi sekarang semakin berkembang, banyak muncul game dengan kualitas tinggi. Dalam pembuatan game dibutuhkan programmer, designer, music composer, dll. Progammer sendiri bertugas untuk membuat logic dalam game, aspek grafis, kecerdasan buatan dalam game, membuat efek-efek seperti tumbukan, juga membuat game tools. Sedangkan designer bertugas untuk membuat konsep art dari game, membuat 2D dan 3D model, serta animasi / karakter dari game. Progammer bekerja dengan banyak penalaran (left brain) dan designer dengan feeling (right brain). Sedangkan untuk music composer bertugas untuk mengatur berbagai hal berkaitan dengan suara dalam game.

Beberapa teknologi pendukung pembuatan game yaitu game engine. Dimana untuk menjalankannya diperlukan sebuah entry point. Seperti pada C, entry point berupa fungsi main (). Biasanya program utama ini relatif pendek, jadi game engine merupakan mesin penggerak jalannya suatu program game. Ada banyak game engine yang dirancang untuk bekerja pada console ataupun operasi desktop seperti Windows. Dalam game engine terdapat fungsi-fungsi yaitu Rendering Engine, Physical Engine, Sound Script, Animation, Artificial Intelligence, Network, Streaming, Memory Management, dan Scene Graph. Elemen pada Game Engine seperti:

  • Tools untuk penulisan data seperti 3D model editor, level editor ataupun graphic design.
  • System untuk melakukan komunikasi dengan hardware dari game tersebut. Dalam system dilakukan inisialisasi, update, dan pengnonaktifkan sub system. 
  • Console mempermudah untuk mengubah setting game atau setting game engine tanpa perlu melakukan restart pada game.
  • Support yang berisi berbagai rumus matematika seperti vector, matrix, memory manager, yang merupakan dasar dari game engine.
  • Game Interface merupakan perantara antara game engine dan game itu sendiri, sehingga memudahkan jika ingin dilakukan perubahan.
  • Engine core yang berisi Visibility, Collision Detection dan Response, Camera, Static Geometry, Dynamic Geometry, Particle Systems, Billboarding, Meshes, Skybox, Lighting, Fogging, Vertex Shading, dan

Selain itu pendukung lainnya adalah game development tools yang merupakan software untuk membantu dan memfasilitasi pembuatan video game. Dengan ini, dapat membantu konversi pembuatan game seperti 3D model yang diperlukan untuk video game. Beberapa contoh game development tools yaitu RAD Game Tools, Java Game Development Tools, dan Garage. Ada juga Graphic Design Accelerometer yang berfungsi untuk mengukur ketepatan akselerasi grafis dalam game. Tentu mungkin masih banyak teknologi lain yang digunakan dalam pembuatan game. Dengan teknologi yang canggih tersebut terbentuk game yang baik pula, karena itu sebagai pengguna kita harus selalu dapat bertindak bijak dalam menggunakan game.


Berikut beberapa game yang masih ada sampai sekarang :

  1. Real time Strategi
  2. First Person Shooter
  3. Role Playing Game
  4. Life Simulation Game
  5. Vehicle Simulation
  6. Action
  7. Adventure
  8. Game Aksi Pertualangan


itulah jenis jenis game yang ada dari dulu hingga kini, mungkin ada penambahan jenis game seperti battle royale dan moba


sumber penulisan :

http://betanokaz.blogspot.co.id/2015/04/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game.html
http://scdc.binus.ac.id/himti/2017/04/29/perkembangan-teknologi-dalam-bidang-game/
https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/komputer-teknologi/teknologi-game

Kamis, 10 Januari 2019

Membuat Character

Pada tugas kali ini saya akan membuat contoh character ulat bulu pada aplikasi blender 3D

1. proses editing 

2. proses rendering
3. hasil rendering karakter ulat

Jumat, 07 Desember 2018

Logo



Berikut penjelasan dari logo saya :
Warna merah : melambangkan keberanian

Laba-Laba : Melambangkan sikap yang sabar, pernahkan anda merusak rumah(jaring) laba-laba,cobalah merusaknya sebanyak mungkin, maka sebanyak itu pula ia akan dengan sabar merajutnya kembali sesempernu sedia kala

Jadi logo ini menjelaskan : kita harus berani menghadapi rintangan/tantangan dalam hidup meski banyak orang menjatuhkan.


Kamis, 25 Oktober 2018

Implementasi Desain Permodelan Grafik

Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra.

Industri kreatif dalam bidang desain grafis. Industri ini bergerak di bidang Industri desain. Industri desain merupakan sebuah kreativitas yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang terkait dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan. Design grafis merupakan salah satu industri kreatif yang memiliki peluang besar dalam dunia usaha. Di Indonesia, industri desain grafis terbilang masih sedikit. Padahal, kalau di lihat dari peluang usaha yang di miliki dari industri desain grafis ini cukup besar. Seorang Grafis Desainer adalah orang yang bekerja pada bidang desain grafis. Desain grafis sendiri merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Umumnya desain grafis dilakukan menggunakan perangkat komputer dan aplikasi-aplikasi untuk mendesain. Hanya dengan bermodalkan ide, kreativitas, dan imajinasi seseorang sudah dapat membuat sebuah desain. Industri desain grafis ini biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan logo, desain poster, desain spanduk, dan semacamnya.
Pengembangan lainnya dari industri desain grafis yakni usaha percetakan. Prospek dari usaha ini pun cukup menjanjikan. Melihat banyaknya masyarakat yang membutuhkan jasa percetakan maka usaha ini dirasakan sangat menguntung di era globalisasi saat ini. Fungsi dari percetakan ini sendiri yaitu mereka menyediakan jasa berupa percetakan spanduk, brosur, undangan, poster dan lain-lain. Sekarang kita lihat bagaiman para aktor desain grafis bekerja pada usaha ini. Para grafis desainer dituntut untuk merancang konsep dari produk yang diinginkan oleh konsumen.

Bentuk Implementasi Pada Desain Grafik Sendiri Seperti :
– Peta digital
– Kesehatan
– Perancangan objek
– System multimedia
– Presentasi grafik
– Presentasi saintifik
– Pemrosesan citra, dan
– Simulasi

REFERENSI :
http://rhafiihza.blogspot.com/2018/10/implementasi-desain-permodelan-grafik.html