Selasa, 07 Januari 2020

RENCANA BISNIS


REGULASI DAN PROSEDUR PENGADAAN BARANG DAN JASA
         Dalam menjalan perusahaan sudah pasti membutuhkan peralatan barang dan jasa untuk menunjangnya pekerjaan suatu instansi yang berada didalam perusahaan. Barang dan jasa sangat penting bagi perusahaan oleh karna itu kebutuhan ini harus dipenuhi oleh beberapa pihak yang ada diperusahaan baik itu induk perusahaan maupun anak perusahaan.
         Dalam berbisnis sudah pasti ada persaingan antara penjual yang sama-sama ingin mendapat sebuah keuntungan. Penjual akan berusaha menciptakan dan memasarkan produk yang dimiliki baik itu berupa barang/jasa sebaik mungkin agar diminati oleh konsumen. Untuk persaingan tersebut perusahaan harus ada beberapa prosedur dalam pengadaan barang dan jasa,berikut prosedur yang mungkin bisa dipakai :
·       Seleksi
Prosedur ini dilakukan untuk menentukan barang atau jasa apa yang benar-benar diperlukan dan untuk menyesuaikan anggaran yang telah disusun oleh perusahaan agar tidak adanya pemborosan.

·       Verifikasi
Prosedur ini berguna untuk membandingkan data barang yang akan dipesan dengan kebutuhan yang telah ditulis dalam daftar pengadaan.

·       Hunting
Bagian pengadaan akan melakukan survey atas barang yang dibutuhkan dalam daftar.

         Dalam proses pengadaan barang dan jasa, ada beberapa istilah yang perlu diketahui agar tidak menimbulkan ambigu,yaitu
·       Barang, merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut benda, baik dalam bentuk bahan baku,setengah jadi,maupun barang jadi yang menjadi objek dari pengadaan barang pemerintah.
·       Jasa, terbagi menjadi jasa konsultasi dan jasa pemborongan.
·       Pejabat Pembuat Komitmen, Merupakan pemilik pekerjaan yang bertanggung jawab atas pelaksanaan proses pengadaan barang dan jasa.
·       Penyedia barang dan jasa, merupakan perusahaan maupun badan usaha.


TATA CARA DALAM PEMILIHAN PENYEDIA BARANG DAN JASA
         Untuk mendapatkan mitra yang terpercaya,perusahaan dapat menerapkan metode pemilihan kontraktor melalui beberapa cara seperti :
·       Penunjukkan langsung, menunjuk langsung satu penyedia barang atau jasa. Pihak perusahaan dapat langsung melakukan negosiasi dengan pihak yang bersangkutan.
·       Pengadaan langsung, pengadaan jasa konsultasi dengan nilai paling tinggi RP.50.000.000 (lima puluh juta rupiah) untuk memenuhi kebutuhan operasional.
·       Kontes/Sayembara, mengadakan kontes untuk menguji gagasan,kreativitas,serta inovasi para peserta penyedia barang dan jasa sehingga dapat konsultan yang dinilai paling layak dan kompeten untuk dipekerjakan.

SUMBER INFORMASI TENTANG PENAWARAN ATAU PELUANG PROYEK TIK
  A.   Proses Mencari Informasi Peluang Usaha
Semakin banyak sumber-sumber informasi yang didapat semakin mempermudah kita untuk memperoleh informasi tentang peluang bisnis. Untuk mendapat informasi pada era sekarang sangatlah gampang karna adanya internet. Berikut beberapa informasi yang harus kita dapatkan untuk memulai bisnis :
·       Lingkungan yang dihadapi
·       Situasi persaingan
·       Dukungan dan trend kebijakan pemerintah
  B.   Tahapan Pengembangan Usaha
Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam proses pengembangan usaha :
·       Ide Usaha
·       Kelayakan
·       Implementasi
·       Prestasi
  C.   Sumber Ide Usaha
·       Berdasarkan Hobi
·       Berdasarkan keahlian
·       Membuat inovasi yang baru




KERANGKA DOKUMEN YANG TERTUANG DALAM KAK (KERANGKA ACUAN KERJA) ATAU TOR ( TERM of REFERENCE) ATAU BIDING DOCUMENT
         Kerangka Acuan Kerja adalah document perencanaan kegiataan yang berisi penjelasan/keterangan mengenai apa, mengapa, siapa, kapan, dimana, bagaimana, dan berapa perkiraan biaya suatu kegiatan. Dengan kata lain KAK berisi uraian tentang latar belakang, tujuan, ruang lingkup, dan hasil yang diharapkan dari suatu kegiatan.
         KAK merupakan gambaran umum dan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan tugas dan fungsi Kementerian Negara/Lembaga. KAK mencakup latar belakang, maksud dan tujuan, indikator keluaran, cara pelaksanaan kegiatan, pelaksana dan penanggung jawab kegiatan, jadwal kegiatan,dan biaya kegiatan.

RENCANA BISNIS TIK YANG INGIN DIJALANKAN
  1.   RENCANA BISNIS
Membuat Game AR yang menggunakan lensa kontak

  2.   Gambaran Umum
Saya ingin menjadi seseorang yang merintis beridirinya perusahaan game ini. Nama perusahaan ini adalah “ Next In “ yang mempunyai kepanjangan next innovation.

Untuk masalah regulasi dan prosedur diindonesia masih sangat lemah untuk industri game. Untuk sekarang saya harus meningkatkan skill programming, skill desain UI (User Interface), dan UX (User Experience) terlebih dahulu.
Berikut rincian lengkap berdasarkan KAK (Kerangka Acuan Kerja) :
·       Latar Belakang
Jumlah konsumen yang memainkan game terus meningkat. Banyaknya konsumen dan luasnya pasar dalam industri ini melahirkan peluang bisnis yang potensial.

·       Maksud dan Tujuan
Membuat game dengan inovasi yang baru.

·       Ruang Lingkup
-Perancangan Aplikasi
-Pembuatan Desain Interface
-Implementasi dan Uji Coba

KOMENTAR
Prospek Bisnis Game sangat menjanjikan dimasa sekarang maupun dimasa yang akan datang. Namun yang menjadi permasalahan bisnis ini benar-benar membutuhkan keahlian dalam programming untuk menciptakan teknologi seperti ini. Selain itu masalah lainnya dalam menjalankan bisnis ini tidak bisa dikelola oleh satu orang saja, perlunya SDM yang unggul dan berorientasi dibidang TI
Mengingat semakin banyaknya para developer game dunia, membuat peluang bisnis ini benar-benar memiliki pesaing yang sangat banyak. Namun sayangnya dari sisi regulasi industri game tanah air masih sangat lemah.

Selasa, 19 November 2019

Prinsip Manajemen Waktu


PENGALAMAN PRIBADI MENGENAI SIKAP “MENERAPKAN PRINSIP MANAJEMEN WAKTU”
NAMA                     : M. RIFKI OSKAR
NPM                        : 54416198
KELAS                     : 4IA12
MATA KULIAH         : PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
          Menerapkan prinsip manajemen waktu bagi saya sangat penting apalagi bagi mahasiswa tingkat akhir seperti saya. Saya sendiri adalah Mahasiswa semester 7 di Universitas Gunadarma. Pada semester 7 saya merasa beban yang saya tanggung mulai berat karna mata kuliah yang saya dapati juga banyak pada semester ini beserta tugas yang hampir tidak ada habisnya selain itu saya harus mempersiapkan skripsi yang akan dilakukan pada semester 8 agar bisa lulus tepat waktu dan saya juga harus les toefl untuk melanjutkan kuliah saya ke jenjang S2 karna orang tua saya mengharuskan saya melanjutkan kuliah. Maka dari itu saya harus memanajemen waktu saya sebaik-baiknya agar saya bisa mencapai target yang sudah diharapkan.
Pada semester 7 ini saya mendapat jadwal yang bisa dibilang padat. Jadwal kuliah saya dari hari senin-sabtu dan saya mempunyai jadwal diluar jam kuliah seperti les,dsb. Disini saya bisa mengatur waktu saya dengan sangat cermat ketika adanya tugas kuliah dan adanya tugas les saya harus bisa memilih yang harus dikerjakan saya kerjakan terlebih dahulu. Karna dengan begitu saya bisa mempercepat menyelesaikan tugas dengan cepat dan bisa melakukan hal yang saya suka. Saya harus cermat dalam memilih tugas yang harus diprioritaskan dahulu apabila saya sudah memilih tugas yang harus saya kerjakan tetapi saya tidak mengerti dan hanya membuang” waktu maka saya beralih ketugas yang saya mengerti agar waktu saya tidak terlalu banyak terbuang dengan sia-sia. Tugas yang tidak saya mengerti saya akan menanyakannya kepada teman saya yang mengerti dengan tugas tersebut ketika saya menyelesaikan tugas yang saya pahami terlebih dahulu. Begitulah cara saya dalam mengerjakan tugas yang diberikan kepada saya.
Pada saat weekend saya melupakan tugas kuliah saya dan saya melakukan hal yang saya sukai. Saya memanfaatkan weekend saya buat refreshing agar ketika weekday saya sudah siap mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawab saya sebagai mahasiswa. Terkadang ketika weekend saya mengingat skripsi yang harus saya hadapi disemester 8. Itu sangat merusak weekend saya karna saya harus memikirkan tema apa yang akan saya buat pada skripsi nanti. Dengan pikiran seperti itu saya harus mencari referensi yang dapat saya pelajari ketika saya menghadapi skripsi nantinya. Karna saya mendengar kata orang-orang skripsi sangatlah susah apalagi mendapat dosen pembimbing yang susah pula itu sangat menggangu saya maka dari itu saya harus mempersiapkan dengan matang materi skripsi saya dengan itu ketika semester 8 tiba saya sudah siap dan percaya diri untuk mengajukan tema yang akan saya lakukan untuk skripsi saya. Saya sangat ingin agar skripsi saya bisa selesai dengan cepat dan saya bisa lulus dengan tepat waktu. Saya tidak mau skripsi saya seperti Penulisan Ilmiah saya yang begitu simple maka dari itu saya sangat berusaha keras agar skripsi saya bagus karna saya bertekad untuk lulus dengan tepat waktu agar saya tidak mengecewakan orang tua saya. Begitulah weekend yang sangat indah hancur hanya karna skripsi.
Saya sendiri orang yang gampang bosan dengan namanya belajar tetapi orang tua saya mengharuskan saya melanjutkan kuliah ke jenjang S2 dengan tanggung jawab seperti ini saya harus bisa menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu. Maka dari itu saya harus mengatur waktu saya dengan cara membuat jadwal-jadwal yang kapan saya harus belajar dan kapan saya harus bermain. Ibu saya pernah bilang kepada saya “Kamu boleh melakukan apa yang kamu suka tetapi jangan pernah melupakan tanggung jawab kamu”. Jadi saya mempunyai prinsip sebelum saya melakukan hal yang saya suka, saya harus menyelesaikan dahulu tugas-tugas kuliah yah walaupun terkadang saya suka khilaf haha. Begitulah cara saya dalam memanajemen waktu mungkin tulisan saya sedikit kurang bisa dipahami karna saya orang yang jarang menulis seperti ini. Dengan mendapat mata kuliah ini saya bisa melatih kemampuan menulis saya.

SDM dan ORGANISASI

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA




Disusun Oleh:
Nama : M. RIFKI OSKAR
Npm : 54416198
Kelas : 4IA12
Tugas : Kedua
Dosen : Dr. Siti Saidah, SKOM., MMSI.


UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2019



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah yang berjudul “SDM dan Organisasi”. Munculnya penulisan ini, sebagai tugas softskill yang diberikan oleh dosen Ibu Siti Saidah. makalah ini penulis buat berdasarkan sumber-sumber yang dibutuhkan guna mendukung isi makalah ini agar makalah ini berkualitas.
Pada kesempatan ini, penulis juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu memberikan saran, bimbingan, dan arahan dalam penulisan ini baik secara langsung maupun tidak langsung dalam menyelesaikan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan ini masih banyak kekurangan baik isi, penyusunan, maupun penulisannya. Maka penulis sangat mengharapkan kritik, saran, pendapat atau masukan yang sifatnya membangun dalam penyempurnaan penulisan karya tulis ini.
Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih kepada pembaca dan semoga karya tulis ini berguna bagi kita semua.


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................................................................. ............................................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................ ............................................................................................................. iii
BAB 1 PENDAHULUAN............................................................................. ............................................................................................................. 1
1.1 LATAR BELAKANG................................................................... ............................................................................................................. 1
1.2 RUMUSAN MASALAH............................................................... ............................................................................................................. 1
1.3 TUJUAN.................................................................................. ............................................................................................................. 1
BAB 2 PEMBAHASAN............................................................................... ............................................................................................................. 2
2.1 Struktur Organisasi................................................................. ............................................................................................................. 2
2.2 Elemen Struktur Organisasi..................................................... ............................................................................................................. 2
2.3 Bentuk Struktur Organisasi...................................................... ............................................................................................................. 3
BAB 3 PENUTUP...................................................................................... ............................................................................................................. 7
3.1 KESIMPULAN.......................................................................... ............................................................................................................. 7
3.2 SARAN.................................................................................... ............................................................................................................. 7
DAFTAR PUSTAKA................................................................................... ............................................................................................................. 8

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Organisasi atau perusahaan yang telah didirikan tentunya harus membentuk struktur organisasi, sehingga tidak hanya sekedar gedung tempat kerja, tetapi juga jelas organisasi yang dimaksud. Struktur organisasi sangat penting bagi sebuah organisasi, di mana struktur tersebut menjelaskan setiap tugas atau pekerjaan secara formal dibagi, dikelompokkan dan dikordinasikan.
Pada umumnya, suatu organisasi atau perusahaan memiliki struktur organisasi yang berbeda dengan organisasi atau perusahaan lainnya. Struktur organisasi yang tepat bagi suatu organisasi sangat bergantung pada strategi bisnis yang dipilih, selain itu ada juga beberapa faktor penyebab perbedaan struktur organisasi, yang akan dijelaskan dalam makalah ini.
Selain itu, makalah ini juga akan membahas mengenai pengertian struktur organisasi, Elemen struktur organisasi dan bentuk-bentuk struktur organisasi.

1.2 Rumusan Masalah
Masalah yang saya ambil dalam makalah ini adalah pengertian struktur organisasi, elemen struktur organisasi, bentuk-bentuk struktur organisasi, contoh struktur organisasi dari suatu perusahaan.

1.3 Tujuan
Tujuan karya tulis ini adalah untuk menyelesaikan tugas pengantar bisnis informatika yang diberikan dosen dan untuk memahami tentang SDM dan Organisasi sub pokok Struktur organisasi


BAB 2
PEMBAHASAN

2.1 Struktur Organisasi
Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa.
Struktur organisasi merupakan alat untuk membantu manajemen dalam mencapai tujuannya. Struktur organisasi dapat memiliki pengaruh yang besar pada anggotanya. Pengaruh struktur organisasi terhadap kepuasan dan kinerja karyawan mengarah pada suatu kesimpulan yang sangat jelas. Struktur organisasi menjelaskan bagaimana tugas kerja akan dibagi, dikelompokkan dan dikoordinasikan secara formal.

2.2 Elemen Struktur Organisasi
Terdapat 6 elemen yang ada pada struktur organisasi, diantaranya adalah :
· Spesialisasi Pekerjaan
Sejauh mana tugas-tugas dalam organisasi dibagi-bagi dalam beberapa pekerjaan tersendiri
Contoh : Dalam suatu produksi mobil, seseorang akan memasang roda kanan depan dan orang lainnya akan memasang roda kiri depan. dengan memecah pekerjaan menjadi tugas kecil yang baku dan berulang-ulang, maka dalam waktu sepuluh detik mampu memproduksi satu mobil

  • Departementalisasi
Dasar yang dipakai untuk mengelompokan pekerjaan secara bersama-sama
Contoh : Seorang manager Manufaktur mengorganisasi sebuah pabrik dengan cara memisahkan para ahli teknik, akuntansi, manufaktur, personalia, dan persediaan dalam berbagai departemen.Keuntungan cara pengelompokkan semacam ini adalah didapatnya efisiensi dari disatukannya para spesialis yang sama.
· Rantai Komando
Rantai komando yaitu garis wewenang yang tanpa putus yang membentang dari puncak organisasi ke eselon paling bawah dan menjelaskan siapa bertanggung jawab kepada siapa.
· Rantai Kendali
Rantai kendali yaitu jumlah bawahan yang dapat diarahkan oleh seorang manajer secara efiseien dan efektif.
· Sentralisasi dan desentralisasi
Sentralisasi yaitu mengacu pada sejauh mana tingkat pengambilan keputusan terkonsentrasi pada satu tutuk di dalam organisasi. Desentralisasi adalah lawan dari sentralisasi.
  • Formalisasi
Formalisasi yaitu sejauh mana pekerjaan-pekerjaan di dalam organisasi dilakukan

2.3 Bentuk-bentuk Organisasi
Bentuk-bentuk Struktur Organisasi yang sering digunakan dalam organisasi pada umumnya terdiri dari 3 bentuk, yaitu Struktur Organisasi Fungsional, Struktur Organisasi Divisional (berdasarkan Produk/Pasar) dan Struktur Organisasi Matriks.

· Struktur Organisasi Fungsional
Struktur Organisasi Fungsional (Functional Structure Organization) merupakan Struktur Organisasi yang paling umum digunakan oleh suatu organisasi. Pembagian kerja dalam bentuk Struktur Organisasi Fungsional ini dilakukan berdasarkan fungsi manajemennya seperti Keuangan, Produksi, Pemasaran dan Sumber daya Manusia. Karyawan-karyawan yang memiliki keterampilan (skill) dan tugas yang sama akan dikelompokan bersama kedalam satu unit kerja. Struktur Organisasi ini tepat untuk diterapkan pada Organisasi atau Perusahaan yang hanya menghasilkan beberapa jenis produk maupun layanan. Struktur organisasi bentuk ini dapat menekan biaya operasional namun mengalami kesulitan dalam berkomunikasi antar unit kerja.

Kelebihannya:
o Adanya spesialisasi tugas yang jelas
o Adanya tenaga-tenaga ahli dalam masing-masing tugas sesuai dengan fungsi-fungsi organisasi yang ada
o Karyawan dengan spesialisasinya dapat didayagunakan semaksimal mungkin

Kelemahannya :
o Koordinasi agak sulit diterapkan, karena bawahan mempunyai beberapa atasan.
o Proses pengambilan keputusan seringkali terlambat, karena ditentukan oleh “top management”
o Dituntut adanya karyawan yang benar-benar trampil (seorang spesialis), yang kadang-kadang sulit mencarinya


· Struktur Organisasi Divisional
Struktur Organisasi Divisional (Divisional Structure Organization) adalah Struktur Organisasi yang dikelompokkan berdasarkan kesamaan produk, layanan, pasar dan letak geografis. Organisasi bentuk Divisional ini biasanya diterapkan di perusahaan yang berskala menengah keatas,hal ini dikarenakan biaya operasional akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan bentuk Organisasi Fungsional.

Kelebihan :
o Dapat diterapkan baik dalam organisasi yang besar maupun organisasi yang kecil, apapun tujuan organisasi tersebut.
o Ada pembagian tugas antara pimpinan dan bawahan (pelaksana) yang diakibatkan adanya staf
o Keputusan dapat diambil dengan lebih baik, karena adanya saran dari para ahli (staf)

Kelemahannya :
o Rasa solidaritas karyawan berkurang, karena tidak saling mengenal antara bagian satu dengan bagian lainnya.
o Perintah kadang-kadang menjadi agak kabur atau kurang jelas
o Pelaksanaan pekerjaan akan mengalami hambatan, apabila koordinasi pada staf kurang baik.



· Struktur Organisasi Matriks
Struktur Organisasi Matriks (Matrix Structure Organization) merupakan kombinasi dari Struktur Organisasi Fungsional dan Struktur Organisasi Divisional dengan tujuan untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang terdapat pada kedua bentuk Struktur Orgnisasi tersebut. Struktur Organisasi Matriks ini sering juga disebut dengan Struktur Organisasi Proyek karena karyawan yang berada di unit kerja fungsional juga harus mengerjakan kegiatan atau tugas proyek-proyek organisasi yang ditugaskan kepadanya. Struktur Organisasi Matriks ini mengakibatkan terjadinya multi komando dimana seorang karyawan diharuskan untuk melapor kepada dua pimpinan yaitu pimpinan di unit kerja Fungsional dan pimpinan proyek. Struktur Organisasi ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang berskala besar atau perusahaan-perusahaan multinasional.





BAB 3
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Struktur organisasi terdiri dari dua kata yaitu struktur dan organisasi sehingga memiliki arti struktur yang terdiri dari hubungan antara pekerjaan dan kelompok pekerjaan yang relatif tetap dan stabil dengan tujuan memengaruhi perilaku individu dan kelompok guna mencapai prestasi yang efektif.
Adapun bentuk–bentuk organisasi adalah organisasi garis, organisasi fungsional, organisasi divisional, dan organisasi matriks, dimana dari bentuk organisasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

3.2 Saran
Dengan diselesaikannya penulisan ini penulis berharap makalah ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca dan penulis sendiri tentang struktur organisasi. Setiap perusahaan sebaiknya menggunakan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan.


Selasa, 22 Oktober 2019

Ringkasan Penulisan Ilmiah

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

Disusun Oleh:
Nama        : M. RIFKI OSKAR
Npm          : 54416198
Kelas         : 4IA12
Tugas        : Pertama
Dosen       : Dr. Siti Saidah, SKOM., MMSI.





UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2019


RINGKASAN PENULISAN ILMIAH
Penulisan Ilmiah yang saya buat berjudul “PENGENALAN KEBUDAYAAN DAN WISATA KULINER PEKANBARU MENGGUNAKAN JAVA BERBASIS ANDROID” yang dibimbing oleh dosen Onggo Wiryawan MSi. Untuk menyelesaikan program yang saya buat pada penulisan ilmiah saya menggunakan software Android Studio dan Photoshop CS6 
Metode yang saya gunakan dalam menyelesaikan Penulisan Ilmiah ini adalah:
1.    Pengumpulan data
Pada saat pengumpulan data saya mencari referensi tentang pekanbaru yang terdapat pada buku budaya pekanbaru dan website-website yang membahas tentang pekanbaru untuk memperdetail data yang saya dapatkan yang berguna untuk kelancaran dalam pembuatan aplikasi yang saya buat.

2.    Perancangan
Dalam merancang aplikasi yang saya buat pada penulisan ilmiah saya menggunakan struktur navigasi dan usecase diagram.

3.    Implementasi
Saya mengimplementasikan program ini pada beberapa smartphone yaitu Samsung A8, Real 3 Pro, Xiaomi Redmi 5 untuk mengetahui apakah aplikasi berjalan dengan baik atau tidak.

Kelebihan Aplikasi adalah untuk memperkenalkan budaya dan wisata yang ada di Kota Pekanbaru dengan data yang sudah didapatkan dari berbagai referensi.
Dalam menyelesaikan Penulisan Ilmiah saya termasuk orang yang telat karna menyelesaikannya pada akhir semester 6. Penulisan ilmiah yang saya buat telat karna saya termasuk orang yang mungkin bisa dibilang malas dan pada saat program saya sudah di acc untuk sidang saya malah memilih untuk berlibur ketimbang mendaftarkan diri untuk sidang Penulisan Ilmiah.


Dalam menyelesaikan Penulisan Ilmiah saya termasuk orang yang telat karna menyelesaikannya pada akhir semester 6. Penulisan ilmiah yang saya buat telat karna saya termasuk orang yang mungkin bisa dibilang malas dan ditambah lagi waktu itu dosen pembimbing saya sedang sibuk jadi sangat susah ditemui untuk konsultasi program dan penulisan. Ketika penulisan saya sudah di acc untuk sidang saya malah memilih untuk berlibur ketimbang mendaftarkan diri untuk sidang Penulisan Ilmiah maka dari itu saya sangat telat sidang Penulisan Ilmiah.
Menurut saya pribadi program saya masih banyak kekurangannya seperti belum adanya google maps untuk menavigasi tempat wisata dan kuliner. Ketika saya dikasih tugas softskill tentang bisnis informatika mungkin saya akan mengembangkan aplikasi ini agar masuk syarat bisnis informatika.

Berikut gambaran aplikasi saya :
 

 




Definisi Bisnis dalam bidang TIK


PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

Disusun Oleh:
Nama        : M. RIFKI OSKAR
Npm          : 54416198
Kelas         : 4IA12
Tugas        : Pertama
Dosen       : Dr. Siti Saidah, SKOM., MMSI.





UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2019

DEFINISI UMUM DARI :
·       BISNIS
Merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, dan pertukaran barang/jasa dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Kata “BISNIS” sendiri berasal dari Bahasa inggris, yaitu “Business”, dari kata dasar busy yang berarti sibuk dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “BISNIS”  sendiri dapat dibedakan menjadi tiga yang merujuk pada :
1.    Badan usaha, yaitu kesatuan yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan.
2.    Sektor Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
3.    Seluruh aktivitas pada komunitas produsen barang dan jasa

Bisnis menurut parah ahli :
                   I.        Hughes dan Kapoor
Bisnis merupakan kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

                  II.        Brown dan Pretello
Bisnis merupakan Lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta yang tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.

                III.        Jeff Madura
Bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan

                 IV.        L. R. Dicksee
Bisnis adalah bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dengan aktivitas tersebut.



·       TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) merupakan paying besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memperoses dan menyampaikan informasi. Secara terperinci, maka teknologi informasi dan komunikasi dibagi menjadi dua, yaitu :

o   Teknologi informasi adalah serangkaian tahapan penanganan informasi, yang meliputi pencipataan sumber informasi, pemeliharaan saluran informasi, seleksi dan transmisi informasi, penerimaan informasi secara selektif, penyimpanan & penelusuran informasi, dan penggunaan informasi.

o   Teknologi Komunikasi adalah segala sesuatu yang berhubungan erat dengan cara menggunakan alat bantu guna melakukan prosedur transfer file atau data dari satu perangkat ke perangkat lain.



Teknologi Informasi dan Komunikasi menurut para ahli :
                   I.        Susanto
TIK merupakan sarana atau media yang dipakai untuk kebutuhan transfer file, baik berupa informasi maupun data. Selain itu dapat menjadi alat komunikasi secara searah atau dua arah.

                  II.        William and Sawyer
Teknologi komunikasi merupakan sebuah struktur dari teknologi, yang memadukan perangkat keras seperti komputer dengan jaringan komunikasi berkekuatan tinggi untuk membawa file, data, video maupun suara dengan menggunakan jaringan internet.



·       BISNIS INFORMATIKA
Bisnis Informatika adalah bisnis yang menggabungkan berbagai aspek manajemen bisnis, teknologi informasi, dan informatika. Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan ilmu komputer dan administrasi bisnis ke dalam satu bidang.

Bisnis Informatika tidak hanya untuk memahami dan menjelaskan masalah terkait informatika tetapi juga dapat pengembangan terhadapa ilmu kepemimpinan dan pemikiran strategis yang merupakan hal penting dalam melakukan suatu bisnis.




·       PENGAMATAN BISNIS DI BIDANG INFORMATIKA
PERUSAHAAN TOKOPEDIA

Teknik Penjualan
Dalam memajukan pertumbuhan toko-toko, tokopedia menerapkan system directory toko yang diurutkan berdasarkan barang yang dijual. Selain itu tokopedia juga menerapkan featured shop yang terdapat dihalaman depan dan directory. Search Engine Optimization juga dikembangkan pada tokopedia sehingga halaman toko akan sering muncul di hasil pencarian.

Penjual barang bisa melakukan promosi terhadap barang yang di jual secara bergantian untuk mendapatkan halaman pertama pada tokopedia. Dengan cara menekan tombol Dink-it yang telah di sediakan oleh tokopedia. Barang yang telah di Dink-it akan muncul dihalaman pertama tokopedia selama 1jam. Proses ini hanya bisa digunakan untuk 1 barang dan apabila ingin melakukannya lagi maka harus menunggu 2jam kemudian.

Apabila toko mendapat bintang dengan jumlah yang besar maka toko bisa sebagai featured shop. Toko yang masuk featured shop akan bisa mengikuti bazar-bazar yang diselenggarakan oleh tokopedia. Toko yang diikutkan dalam bazar akan ditampilkan pada halaman pertama tokopedia.

PERANCANGAN DAN PEMELIHARAAN JARINGAN
Tokopedia adalah bisnis e-commerce yang inovatif dan menggunakan konsep berbagai toko online yang ada di Indonesia. Semua hal yang berkaitan dengan jual beli produk dijamin keamanannya oleh tokopedia. Dengan adanya bisnis e-commerce ini diharapkan dapat mewujudkan suatu bentuk seperti mall online

Bisnis tokopedia yang dijalankan merupakan marketplace C2C (Customer to Customer). Aktivitas C2C dapat dilakukan dengan berbagai cara yang ada diinternet. Model bisnis ini tidak hanya membantu mempromosikan barang tetapi juga memfasilitasi uang secara online.
Tokopedia memanfaatkan forum-forum untuk menyebar pemasaran yang viral. Oleh karna itu dalam waktu singkat tokopedia berkembang pesat, baik dalam jumlah anggota aktif maupun dalam jumlah toko yang baru dibuat. Dalam waktu 6bulan tokopedia mampu mendapatkan total transaksi sebesar RP. 1 Miliar. Dengan kesuksesan ini sebuah Venture Capital asal singapura yang bernama East Venture menawarkan investasi baru pada tokopedia.

Kelebihan :
Proses transaksi lebih aman karna setiap proses mengharuskan penjual dan pembeli untuk melakukan konfirmasi, mulai dari konfirmasi pembayaran, konfirmasi pengiriman, hingga konfirmasi barang telah diterima. Selain itu tokopedia memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang yang diinginkan karna banyak sekali toko online yang bekerja sama dengan tokopedia.

Kekurangan :
Tokopedia belum menerima barang yang harganya diatas 10jt.

·       PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA DI INDONESIA
Kemajuan bisnis informatika di Indonesia ditunjang oleh pesatnya perkembangan teknologi saat dan banyaknya penggunaan teknologi tersebut, serta tidak memerlukan modal banyak untuk menjalankan bisnis e-commerce atau software house. Perkembangan bisnis teknologi informatika meningkat pesat, hal ini dapat dilihat dari tahun ke tahun. Bisnis informatika yang ada diindonesia adalah gojek,tokopedia,traveloka dan masih banyak lagi. Melihat suksesnya bisnis informatika yang ada di Indonesia membuktikan bahwa perkembangan bisnis informatika sangat pesat.

·       PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA DI DUNIA
perkembangan bisnis informatika di Dunia saat ini sudah sangat pesat sekali dan sangat menggiurkan, bisnis ini berkembang setiap detiknya. Kemajuan dunia bisnis dibidang informatika ini berkembang pesat karna adanya media informasi dan perangkat teknologi yang semakin canggih. Salah satu media dalam bisnis informatika ini adalah internet. Banyak perusahaan dunia yang memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, seperti menjual jasa, menjual dan membeli produk serta memasarkan produk. Perkembangan bisnis online shop seperti amazon, ebay,dll merupakan contoh nyata perkembangan bisnis informatika. Dan ada 5 bisnis informatika dan komunikasi lainnya seperti :
1.    Lisensi produk software ( Perusahaan Andal Software, Dycode, dan Oracle)
2.    Iklan ( Detik.com, Google )
3.    Software sebagai layanan ( Infisys pushmail, Salesforce.com )
4.    Penjualan perangkat keras ( Zyrex, Axioo, Apple )
5.    Penjualan jasa konsultasi, Integrasi, dan Training ( Inixindo, Sigma, dan Redhat)